Lokasi rumah sangat mempengaruhi kenyamanan dan nilai investasi jangka panjang. Generasi milenial perlu memastikan rumah berada di wilayah strategis, dekat dengan tempat kerja atau sekolah, serta aman dari risiko banjir maupun tanah longsor. Tips membeli rumah agar tidak tertipu yang tak kalah penting adalah memilih developer rumah tepercaya. Untuk memeriksa integritas dan rekam jejaknya, Anda dapat meminta testimoni dan portofolio di proyek sebelumnya.


Jika belum ada SHM dan IMB, maka sebaiknya tunda dulu untuk beli rumah di developer tersebut. Cipass Residence ini perlu dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada para konsumen bagaimana status tanah yang akan dikembangkan. Akan lebih baik apabila status tersebut tidak haya untuk satu kavling, melainkan untuk semua kavling dalam perumahan tersebut. Misalnya, jika berencana memperluas keluarga, pilihlah rumah yang bisa diubah dan menyesuaikan dengan kebutuhan masa depan. Bisnis.com, JAKARTA – Memilih rumah yang sempurna bisa menjadi langkah yang sangat penting dan menentukan bagi kehidupan Anda. Berbagai faktor, dari jenis rumah hingga lokasi dan anggaran, harus dipertimbangkan dengan hati-hati.


Hal ini harus dilakukan karena bank akan menelusuri jejak kredit Anda sebelum menyetujui KPR. Tak jarang, banyak pemohon KPR tidak lolos karena masih memiliki tanggungan di bank. Pastikan semua dokumen kepemilikan dan perizinan properti sudah lengkap. Kamu perlu mengetahui dengan detail semua tentang rumah yang akan kamu tinggali. Perhatikan mengenai jalur akses, sumber air, keadaan tanah, hingga ketersediaan fasilitas umum dan fasilitas sosial terdekat dari rumahmu.


Kamu bisa mencari informasi tentang developer properti di internet, media sosial, atau dari orang-orang yang sudah pernah membeli rumah dari pengembang tersebut. Berikut ini tips membeli rumah dari developer properti official agar tidak tertipu. Hal ini untuk memastikan transaksi yang berlangsung sah secara hukum dan dokumen yang dikeluarkan bersifat otentik. Tips membeli rumah pertama yang tidak boleh Anda lupakan perhatikan kualitas material bangunan tersebut. Karena kualitas material mempengaruhi kenyamanan dan keamanan tinggal di rumah. Anda perlu mempertimbangkan kualitas material seperti dinding, lantai, atap, dan denah rumah untuk memastikan investasi jangka panjang yang berkualitas.


Di usia yang masih terbilang muda, tentu saja milenial dan gen Z masih produktif untuk menghasilkan banyak pendapatan. Nilai booking fee tidak bisa dipastikan, tergantung kebijakan atau kesepakatan pengembang dan pembeli. Dengan adanya PPJB, hak dan kewajiban pembeli maupun penjual dapat terlindungi serta dipertanggungjawabkan. Lihat portofolio proyeknya, lalu baca berbagai review terkait pengembang tersebut di internet.


Tips pertama adalah dari apa saja kebutuhan dari keluarga untuk rumah ini. Misalnya dari anggota keluarga yang berisi 4 orang, berarti rumah minimal mempunyai 3 kamar. Tidak hanya itu saja, apakah keluarga ada yang berusia balita atau anak-anak agar bisa menyesuaikan desain untuk mereka. Jika sudah mantap dan yakin dengan pilihan rumah yang bakal Anda beli, langkah selanjutnya yakni menentukan jenis pembayaran. Menurutnya, jika memungkinkan, calon pembeli bisa melakukan studi banding untuk mengetahui kualitas dan layanan dari developer. Bergabung dengan 99 Group sejak 2020, Miyanti adalah senior content writer yang berpengalaman menulis artikel properti dan desain rumah untuk Rumah123 dan 99.co Indonesia.


Cara membeli rumah KPR take over ini dilakukan antar bank, jual rumah take over atau take over KPR bawah tangan. Tentu saja ini bukan hal yang mudah dan harus ada perjuangan lebih untuk mendapatkannya. Contohnya kalaupun ada rumah murah, tetapi lingkungannya tidak nyaman atau perlu renovasi besar-besaran. Banyak hal yang perlu kita persiapkan, mulai dari menabung hingga memilih rumah yang sesuai dengan keinginan dan budget. Apakah rumah tunggal, town house, bangunan multi-keluarga dengan 2-4 unit, atau lainnya.


Sebab, transaksi jual beli rumah bawah tangan tidak dilindungi oleh hukum. Tips pertama membeli rumah dari developer properti adalah dengan mengecek reputasi dari developer properti tersebut. Membeli rumah dari developer properti memang memiliki banyak keuntungan. Sejumlah bank menawarkan kesempatan bagi masyarakat untuk melakukan Kredit Pembelian Rumah (KPR) dengan skema cicilan beragam. Dalam hal ini, pembeli properti mengajukan kredit ke bank sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Menyisihkan sebagian penghasilanmu adalah kunci utama untuk memiliki dana membeli rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *