Memiliki tenaga Ahli yang telah tersertifikasi Ahli K3 Umum merupakan kewajiban dari perusahaan, dimana perusahaan yang tidak memiliki Ahli K3 wajib untuk men-training perwakilan karyawannya untuk mendapatkan sertifikasi ini. Salah satu slogan yang sering kita dengar adalah “Safety is Everyone Responsibility” atau “Keselamatan merupakan tanggungjawab semua orang”. Slogan ini mengingatkan kita bahwa K3 merupakan kebutuhan semua orang sehingga tercapailah tujuan “Mulailah pekerjaan dengan semangat dan pulang dengan selamat.


Dan Jangan lupa untuk tetap mengikuti perkembangan Jadwal Pelatihan Ahli K3 Umum Sertifikasi KEMNAKER RI dan Pelatihan lainnya dari Garuda Systrain Interindo.


Tentu saja pelatihan ahli K3 umum dilatarbelakangi peraturan-peraturan pemerintah terkait K3 ini. Dengan kewajiban adanya ahli K3 umum di berbagai instansi, tentu saja perlu adanya pembaharuan SDM yang kompeten di bidang ini. Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja adalah tenaga teknik berkeahlian khusus dari luar Departemen Tenaga Kerja yang ditunjuk oleh Menteri Tenaga Kerja untuk mengawasi ditaatinya Undang-undang Keselamatan Kerja. Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja Membantu mengawasi pelaksanaan peraturan perundangan keselamatan dan kesehatan kerja sesuai dengan bidang yang ditentukan dalam keputusan penunjukannya. Perusahaan Wajib melaksanakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, untuk pemenuhan itu, butuh pegawai sepertimu yang memiliki kualifikasi dalam hal keselamatan dan kesehatan kerja ( K3 ) pekerja diindustri juga memberikan kredibilitas sebagai profesional di industri K3.


Penting untuk diingat bahwabaik pelatihan offline maupun online, keseriusan dan dedikasi dalam mempelajariisu-isu keselamatan akan membantu mempersiapkan peserta menjadi Safety Officeryang berkualitas. Pelatihan TKPK dan Kesehatan Kerja (K3) adalah bidang yang terkait dengan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan manusia yang bekerja di sebuah institusi maupun lokasi kerja. K3 juga meliputi perlindungan terhadap rekan kerja, keluarga pekerja, konsumen, dan orang sekitar yang juga mungkin terpengaruh oleh kondisi lingkungan kerja.


K3 terkait dengan ilmu kesehatan kerja, teknik keselamatan, teknik industri, kimia, fisika kesehatan, psikologi organisasi dan industri, ergonomika, dan psikologi kesehatan kerja. Bergabung dengan pelatihan AK3U di Astara, baik secaraoffline maupun online, memiliki porsi yang sama, hanya yang membedakan tempatnyasaja. Pelatihan offline memberikan interaksi langsung dan pengalaman praktis,sementara pelatihan online menawarkan fleksibilitas dan biaya yang lebihrendah. Pemilihan jenis pelatihan yang tepat harus dipertimbangkan berdasarkanpreferensi, kebutuhan, dan ketersediaan peserta.


Dengan mengikuti Pelatihan Ahli K3 Umum maka peserta diharapkan akan mengetahui tugas dan kewajibannya dalam hal melaksanakan prosedur, sistem dan proses Keselamatan dan Kesehatan Kerja di tempat kerjanya sesuai dengan Peraturan dan Undang-Undang (UU) yang berlaku. Karena teman-teman sudah tahu mencegah kecelakaan dan menjaga kesehatan di tempat kerja. Termasuk sudah tahu menggunakan atau memberi tanda/rambu K3 di lokasi tempat kerja sesuai aturan. Dalam masa penerapan PPKM ( Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di beberapa wilayah di Indonesia, pelatihan online menjadi salah satu pilihan yang tepat demi menghindari penularan virus Corona secara masif, selain itu pula hanya beberapa sektor usaha yang diizinkan melakukan kegiatan di kantor.


Hal ini sejalan dengan amanat Undang-undang No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja yang mewajibkan setiap perusahaan untuk menciptakan tempat kerja yang aman, sehat, dan bebas dari kecelakaan kerja. Untuk mendukung tercapainya tujuan tersebut, diperlukan tenaga ahli yang kompeten dalam bidang K3. Pelatihan Ahli K3 Umum bertujuan meningkatkan kompetensi peserta dalam keselamatan kerja, memahami regulasi K3, serta mampu merancang dan mengimplementasikan program K3 yang efektif untuk mengurangi risiko kecelakaan dan penyakit kerja. Training Ahli K3 umum (Sertifikasi Kemnaker RI) adalah program Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) yang bertujuan untuk menciptakan tenaga ahli K3 di dalam perusahaan yang dapat membantu mengembangkan K3 di perusahan sehingga akan menciptakan produktivitas. Ahli K3 merupakan perpanjangan tangan dari Kementerian Ketenagakerjaan yang mengemban tugas sebagai perencana, pengendali dan pengawas terlaksananya  K3 di dalam perusahaan sesuai dengan peraturan Perun. Waktu pelaksanaan Training Ahli K3 Umum sekurang-kurangnya adalah 120 jam pelajaran atau selama 12 hari efektif.


Pelatihan K3 Umum Online tentunya memiliki konsep yang sama dengan pelatihan yang diselenggarakan secara offline. Namun, pelatihan online dinilai cukup efisien dan efektif dengan kesibukan pekerjaan para calon peserta training. PT Mulia Astara Nusantara (Astara) merupakan perusahaan pelatihan K3 terpercaya yang berdedikasi untuk memajukan praktik keselamatan dan kesehatan kerja di Indonesia. Istilah ini merujuk pada rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk memastikan bahwa lingkungan kerjanya aman dan sehat bagi pekerjanya. K3 mencakup berbagai aspek, termasuk pengelolaan risiko, identifikasi bahaya, pencegahan kecelakaan dan cedera, kesehatan kerja, dan pengendalian bahaya lingkungan. Upaya K3 sangat penting dilakukan dalam setiap organisasi, karena pekerjaan yang dilakukan dapat membawa risiko yang serius bagi karyawan dan lingkungan sekitar jika tidak ditangani dengan benar.


Contohnya sertifikat ahli K3 umum yang bisa menjadi suatu nilai plus bahwa seorang karyawan ahli pada bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang nantinya akan diterapkan di perusahaan tempatnya bekerja. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan sebuah elemen penting yang harus diperhatikan oleh setiap perusahaan dalam melaksanakan setiap bidang kerjanya. Penerapan K3 dalam suatu bidang kerja tentunya harus dalam pengawasan ahli K3 umum yang bersertifikasi Kemnaker. Mandiri Maha Daya dan dapatkan materi dan praktek lengkap yang langsung diajarkan oleh profesional yang sangat berpengalaman di bidang K3. Kamu bisa menghubungi tim marketing kami untuk mendaftar ataupun sekedar konsultasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *