Kudus- Kementerian Agama Republik Indonesia merayakan Hari Amal Bhakti yang ke-78. Untuk tahun ini Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama mengusung tema Indonesia Hebat Bersama Umat. IAIN Kudus menggelar apel dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti Kemenag ke-78, pada Rabu (3/1/2024), yang diikuti oleh seluruh pimpinan, dosen, dan tenaga kependidikan di IAIN Kudus.

Upacara dimulai pukul 07.30 pagi dengan khidmat. Rektor IAIN Kudus Prof. Dr. H. Abdurrohman Kasdi, Lc., M.Si. menyampaikan amanat dari Gusmen K.H. Yaqut Cholil Qoumas, dalam sambutannya Kementerian agama dilahirkan oleh Allah SWT Kementerian agama dilahirkan pada awal tahun yakni tanggal 3 Januari Tepatnya 3 Januari 1946. Artinya Setiap memasuki tahun baru Kita harus memiliki spirit ganda Yang muncul dari pergantian tahun. Dan peringatan hari lahir Kementerian Agama, spirit ganda ini harus diwujudkan dalam bentuk amal bakti yang semakin mendalam dan paripurna, ungkapnya.

Prof. Dur menuturkan bahwa Hari Amal Bhakti (HAB) tentu tidak semata sebuah nama tetapi didalamnya terkandung harapan dan tekat Untuk mencurahkan pengabdian kita kepada seluruh umat utamanya pada peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke 78 kementerian agama ini. Menteri agama mengajak kita semuanya untuk terus meningkatkan Semangat pengabdian dan perjuangan kita, mewujudkan segala cita dibentuknya kementerian agama. Saya mengajak kepada seluruh ASN kementerian agama Untuk meningkatkan spirit layanan kita kepada seluruh umat beragama Indonesia hebat bersama umat, ajaknya.

Selama sambutan dalam upacara, Rektor IAIN Kudus juga memberikan menyampaikan capaian kinerja selama Tahun 2023 dan apresiasi kepada Civitas akademika IAIN Kudus atas dedikasi dan prestasi yang ditorehkan. Acara turut diwarnai dengan acara peresmian gedung dan syukuran atas berdirinya gedung SBSN Laboratorium Terpadu IAIN Kudus dengan pembacaan Manaqib, Doa bersama dan Makan Bersama. Peringatan Hari Amal Bhakti ke-78 ini menjadi momentum untuk merayakan sejarah dan merenungkan tantangan ke depan. Kementerian Agama berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam menjaga kerukunan antarumat beragama serta berkontribusi positif dalam pembangunan sosial dan kesejahteraan masyarakat. Dengan semangat kebersamaan dan dedikasi, Kementerian Agama siap menjalankan tugasnya dalam mendukung keberagaman dan kesejahteraan bangsa Indonesia.